LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Afifah Fakhriyah Dwirachma, Afifah Fakhriyah Dwirachma (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
AFIFAH FAKHRIYAH D_13303244018_P.KIMIA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program serta pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing Mahasiswa. Program PPL ini berusaha memberikan kontribusi pikiran, tenaga, waktu dan biaya kepada pihak sekolah.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam hal ini PPL digunakan sebagai bekal Mahasiswa Kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN Yogyakarta II. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tenaga dalam proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik, sehingga menjadi tenaga pendidik yang profesional. Pada kegiatan PPL ini, penyusun mendapat tugas untuk mengajar kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA3. Materi yang disampaikan meliputi Struktur atom sampai dengan ikatan kimia (kepolaran senyawa kovalen). Adapun program kerja yang dilakukan oleh penyusun untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1)Pembuatan jam efektif pembelajaran; 2)pembuatan program tahunan; 3) Pembuatan Program Semester; 4) pembuatan silabus; 5) pembuatan RPP; 6) pembuatan media pembelajaran; 7) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian 8) Pembuatan analisis butir soal. Selama menjalankan praktik langsung di sekolah, mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang akan sangat berguna pada suatu saat nanti ketika terjun di masyarakat pada umumnya dan sekolah pada khususnya, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar. Penyusun mengharap supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UPPL-UNY tetap terjaga dengan baik. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II, maka disusunlah beberapa program kerja yang sekiranya dapat dilakukan selama kegiatan PPL. Programprogram yang ditawarkan sebelumnya telah disetujui oleh sekolah dan direalisasikan. Diharapkan program-program tersebut dapat bermanfaat bagi sekolah dan dapat ditindak lanjuti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, MAN Yogyakarta II, pendidikan kimia
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Jun 2017 05:59
Last Modified: 09 Jun 2017 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49665

Actions (login required)

View Item View Item