LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Aditya Kurniasari, Aditya Kurniasari (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Aditya Kurniasari 13511241055.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa bidang boga ini berfokus pada jurusan Akomodasi Perhotelan, hal ini dikarenakan di SMK Karya Rini YHI KOWANI tidak memiliki jurusan Jasa Boga. PPL dilaksanakan untuk melatih mahasiswa dalam mempraktekkan teori dan ilmu praktek yang diperoleh selama kuliah. Selain itu, mahasiswa memperoleh pengalaman nyata, khususnya tentang pelaksanaan pembelajaran baik praktek maupun teori di sekolah. Pelaksanaan PPL ini diawali dengan pengajaran kecil atau micro teaching di kampus dengan teman sebaya sebagai siswa. Setelah mahasiswa melaksanakan pengajaran micro teaching dan dinyatakan lulus, maka barulah dilaksanakan PPL di sekolah yang telah dipilih. Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di Universitas dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Pelaksanaan PPL memerlukan persiapan baik materi teori atau praktik, pengolahan kelas, dan pengolahan waktu. Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan PPL diadakan observasi di dalam kelas dan bimbingan dengan guru pembimbing lapangan (GPL) yang telah dilaksanakan pada bulan 3 Maret 2016. Kegiatan PPL secara intensif dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMK Karya Rini YHI KOWANI meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2016. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Hasil kegiatan PPL di sekolah SMK Karya Rini YHI KOWANI yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sebanyak 8 kali tatap muka dengan materi. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan melakukan kegiatan persekolahan di luar kelas. Hal ini berguna untuk melatih pribadi mahaiswa sebagai calon tenaga pendidik yang sesungguhnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pembelajaran, SMK Karya Rini YHI KOWANI
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:25
Last Modified: 09 Jun 2017 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49651

Actions (login required)

View Item View Item