LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Astri Novianingrum, Astri Novianingrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Astri Novianingrum.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan S1 untuk semua jurusan sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Yogyakarta dimulai dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016 dengan diawali kegiatan observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMP Negeri 6 Yogyakarta ini sudah cukup lengkap, meski masih terdapat alatalat pembelajaran yang perlu adanya perbaikan. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas VII dengan jumlah 6 kelas dari 7 kelas yang ada dan mengampu kelas VIII dengan jumlah 2 kelas dari 7 kelas yang ada. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMP Negeri 6 Yogyakarta sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan terutama dalam pengalaman mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan seperti masih terdapat siswa yang kurang patuh, terdapat anak dengan kemampuan menyerap materi cukup dan terdapat pula anak dengan kemampuan menyerap materi tinggi, masih terdapat beberapa siswa siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menyampaikan materi dan terdapat LCD kelas yang rusak sehingga kesulitan untuk menayangkan video maupun PPT.Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, UNY, SMP Negeri 6 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49639

Actions (login required)

View Item View Item