Pengaruh Pembelajaran PPKn Berbasis Project Citizen Terhadap Partisipasi Belajar Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Yogyakarta

Nurhayati, Nurhayati (2017) Pengaruh Pembelajaran PPKn Berbasis Project Citizen Terhadap Partisipasi Belajar Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhayati-15730251035.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta, 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis project citizen terhadap partisipasi belajar dan prestasi belajar secara bersama-sama kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah dengan teknik analisis uji independent t-test (Uji-t) dan uji analisis Manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05) atau t hitung> t tabel dengan skor mean pada kelas eksperimen sebesar 3,12 dan pada kelas kontrol sebesar 2,75. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05) atau t hitung> t tabel dengan skor mean pada kelas eksperimen sebesar 2,81 dan pada kelas kontrol sebesar 2,49. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi belajar dan prestasi belajar peserta didik secara bersama-sama kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada Hotelling’s Trance lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 02:27
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49638

Actions (login required)

View Item View Item