LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

DINAR UJI SETYANINGRUM, DINAR UJI SETYANINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13201241045_Dinar Uji Setyaningrum_PBSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program pendidikan dari jurusan atau program studi apapun di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggara proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini mata kuliah lapangan seperti Mata Kuliah Praktk Pengalaman Lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2016 berlokasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta dilaksanakan mahasiswa UNY telah dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan PPL yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan pelaksanaan program. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 6 Yogyakarta meliputi program pembuatan administrasi guru, pemetaan SK dan KD, pembuatan RPP, pembuatan soal evaluasi, analisis penilaian, administrasi dan pengelolan data siswa, administrasi perpustakaan, dan konsultasi pembimbing. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan 32 kali praktik mengajar di dua kelas yaitu VIII C dan VIII D. selama 32 kali praktik mengajar tersebut, praktikan membuat RPP dengan 8 kompetensi dasar kurikulum KTSP. Secara umum, program kerja PPL di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMP Negeri 6 Yogyakarta,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 02:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49636

Actions (login required)

View Item View Item