Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inductive Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Data dan Penalaran Ilmiah Siswa SMA

Guntara, Yudi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inductive Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Data dan Penalaran Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yudi-guntara-15726251012.swf

Download (2MB)
[img] Text
produk-yudi-guntara-15726251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inductive thinking yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi data dan penalaran ilmiah siswa SMA, (2) menguji efektivitas penerapan perangkat pembelajaran fisika model inductive thinking untuk meningkatkan kemampuan representasi data dan penalaran ilmiah siswa SMA. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan guru, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran fisika model inductive thinking yang dikembangkan ini terdiri dari silabus, RPP, handout dan LKS. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 30 siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Kalasan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri atas 32 siswa kelas XI MIPA 1 dan pada kelas kontrol terdiri atas 32 siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Depok. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kemampuan representasi data dan penalaran ilmiah dan angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling’s T2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model inductive thinking yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi data dan penalaran ilmiah dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan Guru serta respon siswa, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi data dan penalaran ilmiah secara signifikan berdasarkan analisis effect size dengan nilai f = 0,180 terhadap kemampuan representasi data dan f = 0,115 terhadap kemampuan penalaran ilmiah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49624

Actions (login required)

View Item View Item