LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ayu Roro Ambarwati, Ayu Roro Ambarwati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTSP_AYU RORO AMBARWATI_13505241085.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu pembelajaran penting untuk melengkapi kompetensi mahasiswa yang merupakan calon penerus pahlawan pendidikan pengisi dunia pendidikan di masa datang. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk dapat menerapkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya di sekolah, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Kegiatan PPL UNY 2016 SMK Negeri 2 Yogyakarta diawali dengan sejumlah agenda yakni penerjunan pada tanggal 15 Juli 2016, kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK Negeri 2 Yogyakarta khususnya di Jurusan Teknik Geomatika. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan sarana pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, lembar kehadiran siswa, soal posttest siswa dan administrasi guru yang lainnya. Mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Surveying di kelas XI. Jumlah mengajar mahasiswa praktikan dari awal penerjunan sampai batas akhir tanggal 24 Agustus 2016 sampai tanggal 15 September 2016 adalah 8 pertemuan. Dikarenakan tanggal 24 Juli - 21 Agustus 2016 Praktikan melaksanakan PPL di Malaysia. Jadwal mengajar praktikan di SMKN 2 Yogyakarta adalah setiap hari Selasa dengan 4 jam pelajaran teori dimulai jam 07.00 WIB sampai 10.15 WIB mengampu kelas XI Geomatika dan hari Sabtu pukul 07.00 WIB sampai 13.45 WIB, mengampu praktikum di kelas yang sama. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Surveying
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 01:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49623

Actions (login required)

View Item View Item