Kutsiyah, Kutsiyah (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, dan Creative Thinking Siswa Kelas XI SMA N 1 Sentolo pada Materi Sistem Pernafasan. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-kutsiyah-15725251039.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar, pemahaman konsep, dan creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (2) pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (3) pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (4) pengaruh model discovery learning terhadap creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, dan (5) hubungan antara motivasi belajar, pemahaman konsep, dan creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain non-equivalent pretest postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo yang berjumlah 97 siswa. Sampel penelitian adalah 63 siswa yang terbagi di kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar skala Likert. Data pemahaman konsep siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data creative thinking siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Data penelitian dianalisis menggunakan MANOVA, Independent-Sampels T Test, dan Uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pemahaman konsep, dan creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (2) model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (3) model discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, (4) model discovery learning berpengaruh terhadap creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan, dan (5) terdapat hubungan antara motivasi belajar, pemahaman konsep, dan creative thinking siswa kelas XI SMA N 1 Sentolo pada materi sistem pernafasan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | biologi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 01:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |