MEMBERMAKNAKAN PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI CALON GURU

Prihadi, - MEMBERMAKNAKAN PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI CALON GURU. -.

[img]
Preview
Text
Disortografi_Dan_Tanda_Diakritik.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan pengajaran keterampilan berbicara bagi mahasiswa Jurusan Penndidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah agar mahasiswa tersebut mampu menguatarakan pikiran dan perasaan serta pengalamannya secara lisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mempelajari keterampilan berbicara pada hakikatnya adalah usaha untuk dapat menggunakan bahasa dalam kepentingan yang sesungguhnya. Agar tercapai tujuan tersebut perlu diselenggarakan pengajaran yang didesain secara baik dan tepat. Dalam pernyataan lain pengajaran yang diselenggarakan harus sesuai dengan prinsip dasar pengajaran keterampilan berbicara. Prinsip dasar yang dimaksud adalah (1) Tujuan pembinaan keterampilan berbicara mahasiswa menekankan pada wicara formal, (2) Pembinaan keterampilan berbicara berorientasi pada perubahan keterampilan individu, (3) Pembinaan didasarkan pada pemahaman terhadap berbagai aspek yang ada dalam keterampilan berbicara, (4) Pembinaan dilakukan berdasarkan pada pemahaman terhadap peran persiapan latihan dan peran latihan, dan (5) Pengorganisasian bahan didasarkan pada hierarkhi kesulitan, macam kegaiatan, dan waktu yang tersedia. Implementasi konsep dasar terhadap beberapa komponen pengajaran terampilan berbicara seperti: materi ajar, metode dan teknik latihan, penyediaan alat pendukung, dan evaluasi dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan logis dan praktis. Didasarkannya pengajaran keterampilan berbicara pada konsep di atas dan diimplementasikannya konsep tersebut pada beberapa komponen terpilih, kita berharap pengajaran keterampilan berbicara bagi calon guru bcihasa Indonesia ini akan lebih bermakna.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Users 93 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 16:26
Last Modified: 04 Sep 2012 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item