Pengaruh Model Project-Based Learning dan Problem-Based Learning terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi di SMA N 1 Temanggung

Anazifa, Rizqa Devi (2017) Pengaruh Model Project-Based Learning dan Problem-Based Learning terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi di SMA N 1 Temanggung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizqa-devi-anazifa-15725251011.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model project- based learning dan problem-based learning terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung, (2) perbedaan pengaruh model project-based learning dan model problem-based learning terhadap kreativitas dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI program peminatan MIPA SMA Negeri 1 Temanggung. Sampel penelitian ini adalah pada 3 kelas yang diambil secara acak dari kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Temanggung, dengan rincian sebagai berikut: XI MIPA 3 menerapkan pembelajaran dengan model project-based learning, XI MIPA 1 menerapkan pembelajaran dengan model problem-based learning, dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kreativitas dan instrumen berpikir kritis. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t, uji multivariat, dan uji univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model project-based learning dan problem-based learning berpengaruh terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung, (2) model project-based learning dan model problem-based learning mempunyai pengaruh berbeda terhadap kreativitas peserta didik pada pembelajaran Biologi materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung, (3) model project-based learning dan model problem- based learning mempunyai pengaruh sama terhadap berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Biologi materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49619

Actions (login required)

View Item View Item