LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

MUHAMMAD REZKY FATHURROCHIM, MUHAMMAD REZKY FATHURROCHIM (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Otomotif_Muhammad Rezky Fathurrochim_13504241043.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta yang sebagai besar program studinya adalah kependidikan sangat perlu selalu meningkatkan dan mengembangkan efisiensi serta kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran, untuk itu mahasiswa harus terjun secara langsung di sekolah melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL adalah mata kuliah wajib yang harus dijalankan mahasiswa program studi kependidikan baik disekolah maupun lembaga yang berwenang. Pelaksanaan PPL dilaksanakan untuk mengembangkan potensi mahasiswa dalam hal mengajar karena nantinya mereka akan menjadi calon pendidik. Sesuai dengan visi dari PPL yaitu wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidikan yang profesional. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dan menerapkan kemampuannya sebelum masuk ke dunia kependidikan yang sebenarnya. Saat PPL mahasiswa akan terlatih dan mengerti bagaimana proses guru dapat menyampaikan materi di depan kelas, bagaimana mengendalikan kelas secara langsung dimana yang diajarkan adalah calon penerus bangsa ini. Dari bekal ilmu yang didapat di bangku perkuliahan juga diharapkan bisa menyumbangkan sesuatu yang berharga pada lembaga atau sekolah yang dijadikan tempat praktik sesuai dengan bidang yang ditekuni masing-masing. Sebelum melaksanakan PPL ada serangkaian kegiatan pra PPL yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke sekolah untuk observasi agar mahasiswa siap melaksanakan PPL. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016 dengan mengampu mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) dan Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR). Pelaksanaan mengajar dimulai dari persiapan, yaitu: konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan sistem penilaian, pembuatan media, dan persiapan bahan ajar. Setelah itu adalah praktik mengajar di kelas, dimana mengajar berpedoman pada RPP yang sudah disusun. Kegiatan apersepsi, motivasi, penguatan dan pengelolaan kelas adalah hal yang harus dikuasai agar kelas tetap kondusif. Pembelajaran pada kelas inti dilakukan di kelas X TKR 3 dan X TKR 4 untuk mata pelajaran PDTO dengan total 7 kali pertemuan dan kelas XI TKR 3 untuk mata pelajaran PKKR dengan total 7 kali pertemuan selama 6 jam pelajaran per pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman secara nyata baik dalam pengalaman mengajar serta pengalaman menyusun administrasi pendidik. Selama mengajar siswa menerima pembelajaran dengan baik, dan mereka juga senang karena ada suasana baru, apalagi jika pembelajarannya menggunakan media seperti presentasi power point dengan tambahan gambar dan video animasi yang membuat siswa aktif selama kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah proses berfikir ilmiah (saintifik), model pembelajaran yang digunakan adalah peer teaching sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah praktik, diskusi kelompok dan penugasan praktik. Secara keseluruhan program PPL terlaksana dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan. Harapannya adalah dengan adanya PPL mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga menjadi calon tenaga pendidik yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, PDTO, PKKR, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49617

Actions (login required)

View Item View Item