LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Muhammad Aziz Fauzan, Muhammad Aziz Fauzan (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Mesin_Muhammad Aziz Fauzan.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL antara lain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Adapaun tujuan lain yaitu memberikan pembelajaran secara langsung kepada mahasiswa mengenai pembelajran langsung di kelas, sehingga mahasiswa dapat mengetahui situasi di dalam kelas, penggunaan metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan cara penyampaian materi yang baik dan benar. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK N 2 Yogyakarta pada semester khusus tahun 2016 tepatnya pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum mengajar mahasiswa terlebih dahulu melakukan observasi ke sekolah yang akan digunakan sebagai tempat PPL. Ada beberapa administrsi guru yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk menunjang kelancaran pembelajaran, seperti silabus, RPP, analisa jam efektif, program semester, program tahunan, analisis butir soal dan lain-lain. Pelaksanaan kegiatan PPL penulis melaksanakannya secara terbimbing dan mandiri. Pelaksanaan secara terbimbing bertujuan materi yang disampaikan oleh mahasiswa tidak berbeda jauh dengan materi yang disampaikan oleh guru pembimbing. Sedangkan pelaksanaan secara mandiri bertujuan melatih mahasiswa menjadi tenaga pendidik profesional.Praktik pengalaman lapangan dilakukan sebanyak 8 kali tatap muka untuk masing-masing kelas dalam mata pelajaran. Teknik Gambar Manufaktur. Setelah dilakukan ulangan harian baik siswa XI TP 1,XI TP 2, XI TP 3 maupun XI TP 4 memiliki nilai rata-rata kelas masih di bawah nilai KKM. Maka seluruh siswa diberikan kesempatan perbaikan nilai supaya tuntas KKM. Selama kegiatan PPL di SMK N 2 Yogyakarta ada beberapa hambatan yang menjadikan tantangan ketika PPL. Hambatan-hambatan tersebut akan memberikan pengalaman untuk mahasiswa dalam berpikir untuk meminimalisir hambatan-hambatan tersebut sehingga kegiatan KBM dapat berjalan sesuai rencana dengan tepat. Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang dapat di ambil selama kegiatan PPL. Pengalaman ini akan menjadikan mahasiswa lebih memahami tentang kondisi yang sebenarnya terjadi di sekolah selama kegiatan belajar mengajar . Banyaknya kerjasama dan komunikasi dengan beberapa pihak akan memberikan pelajaran kepada mahasiswa tentang cara menjalin komunikasi yang baik dengan pihak-pihak lain. Dengan adanya PPL diharapkan dapat member manfaat untuk beberapa pihak baik pihak sekolah, siswa maupun pihak sekolah yang dijadikan tempat PPL

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL,SMK N 2 Yogyakarta, Kegiatan PPL, Penilaian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 07:25
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49600

Actions (login required)

View Item View Item