LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Rohmad Khoirudin, Rohmad Khoirudin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Elektronika_Rohmad Khoirudin_13502241005.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta agar mahasiswa dapat memperoleh wawasan dan pengalaman mengajar, meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam memecahkan masalah serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Pada kali mahasiswa mendapat kesempatan melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMK 2 Yogyakarta. Berdasarkan analisis situasi kondisi sekolah, SMK N 2 Yogyakarta memiliki sarana prasarana yang cukup memadai untuk melaksanakan pembelajaran. Kondisi pada saat proses pembelajaran di kelas tergolong tertib, lancar dan kondusif. Secara umum, tahapan PPL ada 3 meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil pelaksanaan.Tahapan persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah, pembuatan perangkat persiapan mengajar, dan bimbingan dengan guru pembimbing. Pelaksanaan program PPL yang utama adalah praktik mengajar terbimbing meliputi membuka pelajaran, penyampaian materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, gerak dan waktu, penguatan peserta didik, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, cara evaluasi pembelajaran, dan menutup pembelajaran. Dalam praktik mengajar terbimbing, kelas yang diampu adalah kelas XI TAV 1 dan XI TAV 2 dengan mata pelajaran Perekayasaan Sistem Audio dengan total jam pertemuan dikelas adalah 64 jam. Berdasarkan analisis hasil pelaksanaan secara keseluruhan program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dari hasil pelaksanaan program PPL, mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman dalam mengajar di sekolah dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang ditempuh dalam bangku kuliah. Mahasiswa praktikan juga memperoleh pengetahuan cara mengelola kelas yang baik agar terwujud keberhasilan dalam proses pembelajaran sehingga pengetahuan dan pengalaman baru ini dapat digunakan sebagai salah satu bekal mahasiswa untuk menjadi seorang pengajar dan pendidik yang sesungguhnya setelah lulus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK Negeri 2 Yogyakarta, TAV, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49590

Actions (login required)

View Item View Item