LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Widad, Walidatul (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Elektro_WALIDATUL WIDAD_13501244003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL/Magang III merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL/Magang III antara lain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL/Magang III dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 tepatnya pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Rencana kegiatan tertuang dalam matrik program kerja dengan jumlah total jam terlaksana adalah 352,1 jam dengan rincian 312,5 jam mengajar dan 40,5 jam non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi persiapan mengajar (administrasi), mengumpulkan materi, membuat RPP, praktik mengajar, pendampingan mengajar, dan mengoreksi tugas siswa. Kegiatan non mengajar meliputi konsultasi dengan DPL PPL, konsultasi dengan guru pembimbing, piket sekolah, apel/upacara bendera, dan menyusun laporan PPL. Kegiatan tambahan yaitu pendampingan tadarus dan penarikan PPL. Hasil kegiatan PPL terlaksana yaitu administrasi guru, praktik mengajar sebanyak terhitung 13 kali pertemuan dikarenakan mengampu mata pelajaran yang sama, dengan rincian 6 kali pertemuan mata diklat DPL kelas X TIPTL 1, 13 kali pertemuan mata diklat DPL kelas X TIPTL 2, 12 kali pertemuan mata diklat DPL kelas X TIPTL 3, 10 kali pertemuan mata diklat DPL kelas X TIPTL 4. Penilaian diktegorikan lulus yaitu jika nilai yang diperoleh siswa sama dengan atau lebih dari KKM yang telahditetapkan yaitu 76. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas X TIPTL 3 diperoleh nilai kognitif maupun psikomotorik 100% pada Job I memenuhi KKM. Untuk evaluasi keseluruhan siswa yang berhasil memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 76% sedangkan sebanyak 24% masih belum memenuhi KKM. Hasil evaluasi kognitif Job I kelas X TIPTL 1 memiliki daya serap 84,37%, untuk kelas X TIPTL 2 memiliki daya serap 84,37%, dan untuk kelas X TIPTL 4 memiliki daya serap 87,5%. Sedangkan untuk penilaian siswa terhadap kinerja praktikan diperoleh penilaian yang bervariasi yaitu 17% menilai kurang, 28% menilai cukup, 20% menilai baik, dan 35% menilai sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 40 sampel siswa kelas X TIPTL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, daya serap, KKM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49587

Actions (login required)

View Item View Item