LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Lisa Setya Wati, Lisa Setya Wati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Elektro_Lisa Setya Wati_13501241054.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PPL/Magang III merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL/Magang III antara lain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL/Magang III dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2016 tepatnya pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Rencana kegiatan tertuang dalam matrik program kerja dengan jumlah total jam terlaksana adalah 368,75 jam dengan rincian 298 jam mengajar, 62,5 jam non mengajar dan 8,25 jam program tambahan. Kegiatan mengajar meliputi persiapan mengajar administrasi), mengumpulkan materi, membuat RPP, praktik mengajar, pendampingan mengajar, dan mengoreksi tugas siswa. Kegiatan non mengajar meliputi konsultasi dengan DPL PPL, konsultasi dengan guru pembimbing, piket sekolah, apel/upacara bendera, dan menyusun laporan PPL. Kegiatan tambahan yaitu memperbarui banner kalender pendidikan, memperbarui banner struktur organisasi jurusan, pendampingan tadarus, dan penarikan PPL. Hasil kegiatan PPL terlaksana yaitu administrasi guru, praktik mengajar sebanyak 35 kali pertemuan dengan rincian 7 kali pertemuan mata diklat IPL kelas XII TIPTL 3, 8 kali pertemuan mata diklat IPL 1 kelas XI TIPTL 2, 7 kali pertemuan mata diklat IPL 2 kelas XI TIPTL 2, 6 kali pertemuan mata diklat IPL kelas XII TIPTL 4,dan 7 kali pertemuan mata diklat IPL 2 kelas XI TIPTL 1. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas XII TIPTL 3 diperoleh nilai kognitif maupun psikomotorik 86,2% memenuhi KKM. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di kelas XII TIPTL 4 diperoleh nilai kognitif maupun psikomotorik 46,7% memenuhi KKM. Untuk evaluasi keseluruhan siswa yang berhasil memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 72,7% sedangkan sebanyak 27,27% masih belum memenuhi KKM. Sedangkan untuk penilaian siswa terhadap kinerja praktikan diperoleh penilaian yang bervariasi yaitu 9% menilai cukup, 57% menilai baik, dan 34% menilai sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 59 sampel siswa kelas XII TIPTL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, penilaian, KKM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 05:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49585

Actions (login required)

View Item View Item