LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Regzi Ibnu Salibno, Regzi Ibnu Salibno (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Teknik Mesin_13503241045_Reqzi Ibnu Salibno.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan matakuliah wajib bagi Prodi Kependidikan untuk menyelesaikan jenjang kuliah S1. Pelaksanaan PPL semester khusus tahun 2016 di SMK N 3 Yogyakarta mulai tanggal 15 Juli-15 September 2016. Mahasiswa dibimbing untuk dapat belajar menjadi guru yang baik dengan menyiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi, dan merefleksi hasil pembelajaran. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas XI TP 2 dan XII TP 4. Dari keseluruhan praktik mengajar praktikan melakukan praktik mengajar sebanyak 14 kali. Rencana kegiatan selama PPL tertuang dalam matrik program kerja dengan total jam adalah 263 jam dengan rincian 136 jam merupakan kegiatan mengajar dan 126 jam merupakan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar terdiri dari persiapan mengajar, bimbingan, dan pelaksanaan mengajar. Sedangkan kegiatan non mengajar terdiri dari pembuatan administrasi PPL, Upacara Pembukaan Tahun Ajaran Baru, Upacara Hari Kemerdekaan, Panitia Pelaksanaan PLS BSB, Piket, dan Rapat Koordinasi PPL. Selama PPL, praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum proses KBM, sehingga hasil dari penyusunan RPP tersebut dapat dijadikan acuan untuk mengajar yang baik dan benar. Maka dari itu praktikan membuat 8 RPP untuk Kelas XI TP 2 dan 6 RPP untuk kelas XII TP 4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SMK 3 Yogyakarta, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49561

Actions (login required)

View Item View Item