LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Mursyid Al Amin, Mursyid Al Amin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Teknik Elektro_15501247004_Mursyid Al Amin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakrta (UNY) yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktek mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 3 Yogyakrta dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 s.d 15 September 2016 yang beralamatkan di Jalan R.W Monginsidi 2A. Yogyakarta. Praktikan mengampu matapelajaran “Instalasi Tenaga Listrik di kelas XI TL 1, XI TL 2, XI TL 3, dan XI TL 4” dengan tatap muka 1 kali seminggu yang setiap minggunya mengajar 12 jam. Kegitan yang dilakukan selama PPL antara lain: Menyusun Rencana Pembelajaran (RPP), Menyusun materi ajar, Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru. Setelah melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Negeri 3 Yogyakarta banyak sekali pengalaman yang didapat dan ilmu yang bermanfaat, bagaimana selama menjadi guru di SMK, mendapatkan pembelajaran bagaimana membuat administrasi guru, dan membuat silabus, serta mengetahui berbagai macam karakter siswa di setiap kelasnya. Akan tetapi ada kelas yang sulit untuk dikondisikan, oleh karena itu, guru pembimbing mengajarkan bahwa sebelum melanjutkan ke materi inti, sebelumnya siswa diberikan beberapa aturan yang wajib di taati selama pelajaran berlangsung, sehingga kelas dapat dengan dikondisikan. Untuk PPL yang akan datang sebaiknya mahasiswa dan pihak sekolah telah menjalin kerjasama sebelumnya, agar kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Instalasi Tenaga Listrik, PPL, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakrta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 01:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49546

Actions (login required)

View Item View Item