LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Luxqi Arif Nugroho Pamungkas, Luxqi Arif Nugroho Pamungkas (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT_PTSP_13505244010_LUXQI ARIF N.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sebagian program studinya adalah kependidikan. Untuk itu UNY sebagai sebuah universitas berbasis pendidikan menyelenggarakan mata kuliah wajib yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu praktik secara langsung baik mengajar atau berada pada lingkungan sekolah ataupun lembaga pendidikan. Kegiatan PPL wajib dilaksanakan karena pentingnya tujuan dari kegiatan tersebut. PPL yang dilakukan oleh mahasiswa ada dua yaitu PPL menjadi guru di sekolah atau PPL yang ada dilingkungan lembaga / dinas pendidikan. PPL yang dilakukan di sekolah dimaksudkan utuk mengasah kemampuan, mengembangkan potensi, serta memantapkan para mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pendidik. Selain itu pentingnya PPL adalah mahasiswa juga harus bisa mengembangkan dan meningkatkan kapasitas diri setelah melaksanakan PPL. Praktik mengajar langsung yang mahasiswa laksanakan akan membuat mahasiswa mengerti dengan baik bagaimana menjadi seorang pendidik, bahwa sebelum mengajar harus memiliki persiapan, sampai bagaimana mengelola waktu dalam mengajar agar tidak terbuang sia-sia. Sebelum melaksanakan PPL ada serangkaian kegiatan pra PPL yang dilaksanakan dari mulai pembekalan, micro teaching, dan penyerahan mahasiswa ke Sekolah untuk observasi agar siap PPL. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Mengampu mata pelajaran Simulasi Digital dengan alokasi waktu setiap pertemuan 3 jam pelajaran atau 135 menit. Pelaksanaan mengajar dimulai dari persiapan, dimana persiapan yang dilakukan adalah penyusunan atau pemahaman silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan sistem penilaian, konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing, pembuatan media, dan persiapan materi. Setelah itu adalah praktik mengajar di kelas, dimana kita mengajar berpedoman pada RPP yang sudah disusun. Kegiatan motivasi dan pengelolaan adalah hal yang harus dikuasai agar kelas tetap kondusif dan siswa tidak bosan menerima pembelajaran. Pembelajaran dilakukan di kelas X GB 1, 2, 3 pada hari Senin, Selasa, Rabu, dimana setiap harinya dilaksanakan apda pukul 07.15 – 09.30 WIB (jam ke 1 sampai dengan 3). Mahasiswa dituntut wajib mengajar minimal 8 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah pengalaman secara nyata baik dalam pengalaman mengajar serta pengalaman menyusun administrasi pendidik. Selama mengajar siswa menerima pembelajaran dengan baik, dan mereka juga senang karena ada suasana baru, apalagi jika pembelajarannya menggunakan media seperti presentasi powerpoint yang memberikan semangat tersendiri. Secara keseluruhan program PPL terlaksana dengan baik, meski tak lepas dari kekurangan. Harapannya adalah dengan adanya PPL mahasiswa dapat meningkatkan kompetisi mahasiswa untuk menjadi calon tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Key words: PPL, Simulasi Digital, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 01:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49542

Actions (login required)

View Item View Item