LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nurdiana, Nurdiana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FT_PTSP_13505241078_NURDIANA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain pelaksanaan KKN dan Tugas Akhir serta Skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dimulai dari 15 Juli sampai 15 September 2016. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, persiapan mengajar, konsultasi dan pelaksanaan pembelajaran. Persiapan mengajar terdiri dari kegiatan membuat administrasi guru, membuat jobsheet praktik, membuat kumpulan materi atau modul, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan media pembelajaran dan membuat soal evaluasi. Praktik mengajar dilakukan dengan mengampu mata pelajaran Gambar Teknik (GT) kelas X GB 1, X GB 2 dan X KK. Evaluasi meliputi pembuatan soal teori untuk siswa. Secara umum Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas tenaga pengajar. Kegiatan PPL perlu ditingkatkan dengan membina hubungan antar lembaga pendidikan yang terkait. Program-program yang telah terlaksana merupakan indikator keberhasilan semua pihak yang terkait. Setelah pelaksanaan PPL diharapakan siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang ,menemukan cara belajar yang efektif dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Negeri 3 Yogyakarta, agar pelaksanaan PPL di periode mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, Gambar Teknik, SMK N 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2017 00:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49537

Actions (login required)

View Item View Item