Suranti, Tri (2017) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI GENETIKA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS XII YANG DITULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi, kategori miskonsepsi apa saja yang ditemukan dan persentase masing-masing kategori miskonsepsi yang ditemukan pada materi Genetika dalam buku biologi SMA Kelas XII yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian analisis konten/isi dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan dua tahapan, yaitu pengadaan data dan analisis data. Sampel penelitian ini adalah tiga buku pelajaran biologi yang ditulis berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Objek penelitian adalah konsep-konsep dengan unit analisis berupa teks dan gambar. Analisis miskonsepsi dilakukan oleh tiga panelis didasarkan pada pengkategorian miskonsepsi menurut Hersey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada ketiga buku yaitu buku A, B dan C. Ditemukan kelima kategori miskonsepsi. Persentase setiap kategori miskonsepsi pada konsep teks dan gambar dalam materi genetik dan pola heriditas secara berturut-turut yaitu misidentifications (78,41% dan 3,17 %), oversimplifications (6,47 % dan 7,93 %), overgeneralization (0,32 % dan 0 %), obsolete consepts and terms (1,29 %dan 0 %) dan undergeneralisation (0,32 % dan 0 %). Persentase miskonsepsi paling tinggi ditemukan pada buku B ( 18,99 %), buku B (17,90%) dan buku C (14,50%). Kata kunci : miskonsepsi, materi genetika, buku SMA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |