Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kesulitan Guru Sejarah dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Novianti, Wina Kyky (2017) Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kesulitan Guru Sejarah dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran di Kabupaten Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wina-kyky-novianti-15718251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) profil guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, (2) faktor– faktor yang menyebabkan guru kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, (3) kesamaan kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran baik sekolah yang menggunakan kurikulum KTSP maupun sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, (4) dampak dari faktor yang menyebabkan guru kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, dan(5) usaha- usaha yang dilakukan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Tempat penelitian ini di Kabupaten Sleman Yogyakarta dan informan terdapat di empat sekolah. Informan dipilih secara purposive sampling yang terdiri atas: dua guru sejarah SMA Negeri 1 Gamping, satu orang guru sejarah SMA Negeri 1 Ngemplak, dua orang guru sejarah SMA Negeri 1 Sayegan, dan dua orang guru sejarah SMA Negeri 1 Godean. Data dari informan dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model interaktifmenurut Miles dan Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Profil guru yang diteliti adalah sebagai berikut: informan terdapat tujuh guru sebagai informan bertempat tinggal di Yogyakarta. Tiga guru alumni Universitas Negeri Yogyakarta, tiga guru alumni Universitas Sanata Dharma, serta satu guru alumni Universitas PGRI Yogyakarta (2) Faktor-faktor yang menyebabkan guru kesulitan meliputi: program tahunan dan program semester yang berbenturan dengan jam mengajar, RPP yang tidak sesuai saat diterapkan di lapangan, sarana prasarana yang terbatas, bahan ajar yang tidak sebanding dengan jumlah siswa. (3) Kesamaan kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi: sarana prasarana yang terbatas berpengaruh pada penentuan metode dan media yang digunakan, serta jumlah buku yang tidak sebanding dengan jumlah siswa. (4) Dampak dari kesulitan mengembangkan perangkat pembelajaran adalah sebagai berikut: ketidaksiapan guru dalam menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran tidak menghasilkan yang optimal. (5) Usaha yang di lakukan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi keikutsertaan dalam kegiatan Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP), dalam pelatihan atau workshop, dan dalam diskusi dengan guru matapelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesulitan guru, perangkat pembelajaran, usaha, dampak
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jun 2017 07:52
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49526

Actions (login required)

View Item View Item