LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Deby Subiyantoro, Deby Subiyantoro (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15511247012_Deby Subiyantoro.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Tujuan dari kegiatan PPL adalah untuk mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi suatu proses pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang terletak di Jl. Kenari No. 04 Kota Yogyakarta. Kegiatan PPL berlangsung mulai dari tanggal 18 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Mahasiswa diberikan beban untuk memenuhi jam minimum yang telah ditentukan universitas yakni 240 jam. Namun, dari jam program dan kegiatan PPL yang dilaksanakan, mahasiswa praktikan berhasil melaksanakannya sebanyak 417 jam sehingga mahasiswa telah memenuhi jam minimum yang telah ditetapkan oleh pihak universitas. Mahasiswa diberikan tanggung jawab mengajar pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental untuk kelas XI JB 1 dan XI JB 2. Jam mengajar yang telah dilaksanakan mahasiswa selama PPL sebanyak 98 jam dimana setiap tatap muka berlangsung 7 jam dengan rincian. Kelas XI JB 1 dan XI JB 2 berlangsung 14 kali tatap muka dimana mahasiswa mengajar dengan materi pokok kaldu (stock), pembuatan kaldu (stock) dan clear soup, pembuatan cream soup, sauce dan salad, materi pokok sauce, pembuatan hidangan pembuka (appetizer), materi pokok hidangan utama (maincourse) dan pembuatan hidangan utama (maincourse) dari unggas. Pelaksanaan praktik mengajar telah dilaksanakan sebanyak 14 kali dengan hasil evaluasi yang baik. Selain kegiatan mengajar mahasiswa juga diberikan tugas untuk membantu pameran di Edotel yang diadakan sekolah dimana mahasiswa membantu membuat produk hingga akhir pameran. Secara keseluruhan, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik. Dari jam program dan kegiatan PPL yang dilaksanakan, mahasiswa praktikan berhasil melaksanakannya sebanyak 417 jam. Artinya mahasiswa telah memenuhi jam minimum yang telah ditentukan pihak universitas yakni 240 jam. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang pembelajaran dan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK Negeri 6 Yogyakarta, Jasa Boga, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 07:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49522

Actions (login required)

View Item View Item