LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

WISMA FIRANTI UTAMI, WISMA FIRANTI UTAMI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13513241043_Wisma Firanti Utami.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah program yang mewadahi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pendidik. Tujuan utama mahasiswa mengikuti kegiatan PPL adalah untuk secara langsung mengetahui dan mengenalsi situasi di sebuah sekolah kejuruan, memperoleh dan mengasah pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari penyusunan administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan mengasah 4 ketrampilan yang harus dikuasai oleh calon pendidik. Pelaksanaan PPL diawali dengan melakukan observasi sekolah yang dilaksanakan bulan Februari tahun 2016 selama 1 minggu. Observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah, sarana prasarana sekolah, budaya yang ada di sekolah, situasi dan suasana mengajar di dalam kelas yang dilaksanakan oleh guru, potensi dan karakter siswa SMK N 6 Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 16 Juli 2016 hingga 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Alamat sekolah terletak di Jalan Kenari No. 4 Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama PPL antara lain: pembuatan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi, serta praktik mengajar. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya Program Tahunan, Program Semester dan RPP. Mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Pembuatan Hiasan kelas XII. Setiap satu kali tatap muka Mata Pelajaran Pembuatan Hiasan berlangsung selama 2 jam pelajaran. Satu jam pelajaran sama dengan 45 menit. Pelajaran ini dilaksanakan 1 kali tatap muka dalam satu minggu, yaitu hari Rabu pada jam 1-2. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 7 kali di kelas XII TB 1. Setelah melaksanakan kegiatan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman dan pelajaran yang sangat bermanfaat. Mahasiswa belajar membuat perangkat administrasi guru dengan baik, mengorganisir dan mengkondisikan kelas, belajar memahami karakteristik siswa yang berbeda sehingga mampu menangani siswa dengan lebih efektif, memahami budaya dan bersosialisasi dengan warga sekolah, mahasiswa dapat belajar melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas secara langsung dan nyata yang efektif dan sesuai dengan RPP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Pembuatan Hiasan, SMK Negeri 6 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Jun 2017 06:24
Last Modified: 07 Jun 2017 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49512

Actions (login required)

View Item View Item