LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ORYZA SATIVA LAKSONOPUTRI, ORYZA SATIVA LAKSONOPUTRI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241020_Oryza Sativa Laksonoputri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Program pengalaman lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebenarnya bukan kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan, tetapi PPL merupakan kegiatan kependidikan untuk meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa terkait dengan praktik mengajar dan praktik kesekolahan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah dapat mengenali situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan, memperoleh pengalaman dalam mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan menguasai sepuluh ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah pada bulan Maret tahun 2016. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan keadaan lingkungan sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir tanggal 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Alamat sekolah terletak di Jalan Kenari No. 4 Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, handout, jobsheet, dan lembar evaluasi. Mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Dasar Teknologi Menjahit untuk kelas sepuluh (X). Setiap satu kali tatap muka Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit alokasi waktu 7 jam pelajaran. Satu jam pelajaran sama dengan 45 menit. Pelajaran 1 kali tatap muka dalam satu minggu, yang jatuh pada hari Selasa. Kegiatan praktikan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL ini dapat memberikan pengelaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing- masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Dasar Teknologi Menjahit, handout, jobsheet, SMK Negeri 6 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 05:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49508

Actions (login required)

View Item View Item