LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Tria Vindyastuti, Tria Vindyastuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13511241006_Tria Vindyastuti.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 – 15 September 2016 sebanyak 13 kali praktik terbimbing dan mandiri. Sedangkan kompetensi yang diampu adalah Boga Dasar dengan alokasi waktu tiap minggu, 7 jam pelajaran. Mahasiswa mengampu dua kelas yaitu X JASA BOGA 1, X JASA BOGA 2 dan X PATISERI. Kompetensi Boga Dasar dijadwalkan untuk kelas X JASA BOGA 2 pada hari senin, untuk kelas X JASA BOGA 2 pada hari rabu dan kompetensi Boga Dasar dijadwalkan untuk kelas X PATISERI pada hari kamis. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Secara keseluruhan, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Dari 256 jam program dan kegiatan PPL yang direncanakan, mahasiswa praktikan berhasil melaksanakannya sebanyak 338,5 jam dan telah memenuhi jam minimum yang telah ditentukan pihak universitas yakni 256 jam. Kegiatan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi juga berjalan dengan baik. Mahasiswa telah menyusun persiapan PPL berupa administrasi guru secara lengkap. Pelaksanaan praktik mengajar telah dilaksanakan sebanyak 13 kali tatap muka dengan hasil evaluasi yang baik. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh pengalaman yang sangat berharga terutama dalam bidang pembelajaran dan pendidikan. Hambatan-hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMK N 6 Yogyakarta, Boga Dasar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Jun 2017 05:22
Last Modified: 07 Jun 2017 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49506

Actions (login required)

View Item View Item