LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Siti Nur Syamsiyah, Siti Nur Syamsiyah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Laporan ppl.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa dari 11 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Bimbingan Konseling. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 25 Juli 2016. Mengajar terbimbing dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan di kelas XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPA 3, XII IPA 4, dan XII IPS 3. Mengajar mandiri sebanyak 6 kali pertemuan di kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3, dengan tiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan di kelas XII adalah unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam penggalan novel yang didengarkan, ide pokok dan permasalahan dalam artikel yang dibaca, dan menulis surat lamaran pekerjaan, sedangkan pokok bahasan yang diajarkan di kelas XI adalah menulis resensi dan membuat rangkuman dari sebuah wawancara. Semua itu disampaikan dengan pendekatan inkuiri. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, praktikan menemui beberapa hambatan ketika melaksanakan PPL, yakni praktikan masih kurang kooperatif antara skenario pembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Praktikan masih mengunggulkan seni mengajar “improvisasi”. Saat di kelas, praktikan sering menemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat praktikan hanya berkutat pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran “improvisasi” justru menjadikan suasana kelas lebih aktif.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Jun 2017 05:59
Last Modified: 07 Jun 2017 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49505

Actions (login required)

View Item View Item