LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

RUFAIDA DWI NURANI, RUFAIDA DWI NURANI (2016) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13104244001_Rufaida Dwi Nurani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta mulai tanggal 18 Agustus s/d 15 September 2016. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta praktikan akan melakukan program kerja Bimbingan dan Konseling. Dalam Praktik Bimbingan dan Konseling, praktikan akan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi empat bidang bimbingan yaitu pribadi, sosial, belajar dan karir, praktikan juga berencana melaksanakan layanan orientasi, layanan informasi, dan bimbingan kelompok untuk memberikan informasi terhadap beberapa peserta didik tertentu yang memiliki masalah sama satu dengan yang lain. Praktikan juga berencana untuk memberikan layanan responsif berupa konseling individual, konseling kelompok dan home visit. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 6 Yogyakarta, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan sembilan materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir, dan bimbingan kelompok dengan satu materi sesuai kebutuhan sejumlah siswa. Layanan responsif berupa konseling individual dilaksanakan sebanyak sepuluh kali, konseling kelompok sebanyak dua kali dan home visit terhadap peserta didik dilaksanakan dua kali. Namun, ada beberapa perencanaan program kerja BK yang tidak dapat terlaksana yaitu layanan orientasi karena kegiatan orientasi dilakukan oleh pihak sekolah pada saat pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi kelas X, perencanaan individual dan konferensi kasus tidak terlaksana karena terkendala oleh waktu. Selama melaksanakan PPL, praktikan mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan administrasi sekolah, penelusuran tamatan, pengurusan beasiswa, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individual serta home visit. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya Bimbingan dan Konseling. Di SMK N 6 Yogyakarta, praktikan melakukan bimbingan klasikal sebanyak 26 kali yaitu dikelas X Akomodasi Perhotelan 1, X Tata Busana 1, X Tata Busana 3, X Jasa Boga 1, X Jasa Boga 2, X Jasa Boga 3, X Patiseri, X Kecantikan Kulit 1, dan X Kecantikan Rambut, bimbingan kelompok sebanyak 1 kali pada 16 siswa kelas X Kecantikan Rambut. Dari pemberian layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu, dan home visit, praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMK N 6 Yogyakarta. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK N 6 Yogyakarta, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49504

Actions (login required)

View Item View Item