LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

RISKA NURMALIYANI, RISKA NURMALIYANI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Riska Nurmaliyani_13803241032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman mahasiswa Prodi Kependidikan UNY. Mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan PPL adalah mahasiswa yang sebelumnya telah lulus mata kuliah Pengajaran Mikro. Kegiatan PPL ini memberikan pengalaman mahaiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan. Serta untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama kegiatan perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan. Lokasi PPL UNY 2016 bertempat di SMK PIRI 3 Yogyakarta, yang beralamatkan di Jalan Letjen M.T. Haryono No.23 Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL meliputi dua kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar merupakan semua kegiatan yang berhubungan dengan terlaksananya kegiatan mengajar di kelas, seperti menyususn RPP, mencari bahan materi, membuat LKS dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan non mengajar merupakan kegiatan yang tidak berhubungan dengan pelaksanaan mengajar di kelas, seperti upacara bendera, piket harian, rapat dan membantu administrasi guru. Praktik mengajar di SMK PIRI 3 Yogyakarta dilaksanakan di kelas X Ak, sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru pembimbing lapangan. Mahasiswa PPL mendapat kesempatan 10 kali pertemuan. Materi yang diajarkan sesuai dengan materi yang disarankan oleh guru pembimbing yaitu Persamaan Dasar Akuntansi dan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dengan menggunakan kurikulum KTSP. Mahasiswa PPL secara mandiri membuat RPP, membuat media, dan mempersiapkan persiapan mengajar lainnya. Namun demikian guru pembimbing selalu mengontroldan mengoreksi pekerjaan dari mahasiswa PPL sehingga pembelajaran di kelas terlaksana dengan lancar dan sesuai harapan. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman bagaimana menghadapi dunia pendidikan yang sebenarnya serta sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai- nilai kependidikan kepada sekolah. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahanperubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49503

Actions (login required)

View Item View Item