LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

RIA AYU OKTAVINA, RIA AYU OKTAVINA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Ria Ayu Oktaviani_13601241073.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ditempuh oleh semua mahasiswa kependidikan yang dilaksanakan diantara setelah semester 6 dan sebelum semester 7 (semester khusus). Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan material di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMK PIRI 3 Yogyakarta dan berlangsung selama 9 minggu, sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa mengajar pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan: (1) membuat pemetaan silabus, dan (2) membuat RPP. Kegiatan utama mahasiswa dalam PPL adalah praktik mengajar kelas XI dan mendampingi teman mengajar kelas X. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 21 kali pertemuan dengan total jam pelajaran sebanyak 42 jam pelajaran. Selama melaksanakan PPL, mahasiswa PPL banyak memperoleh pengalaman yang belum pernah didapatkan di bangku kuliah. Dalam pelaksanaan program PPL mahasiswa tentu saja mengalami hambatan namun dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan, dosen pembimbing lapangan,teman – teman satu tim dan berkat kerja sama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL UNY 2016, PJKR, SMK PIRI 3 Yogyakarta, praktik mengajar
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:34
Last Modified: 07 Jun 2017 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49502

Actions (login required)

View Item View Item