LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ANDANI FITRIANISA, ANDANI FITRIANISA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andani Fitrianisa_13104241009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Piri 3 Yogyakarta mulai tanggal 15 Juli s/d 15 September 2016. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan di SMK Piri 3 Yogyakarta praktikan akan melakukan program kerja Bimbingan dan Konseling. Dalam Praktik Bimbingan dan Konseling, praktikan akan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi empat bidang bimbingan yaitu pribadi, sosial, belajar dan karir, lalu layanan orientasi berupa pengenalan kepada peserta didik mengenai dunia kerja dan perkuliahan, layanan Informasi dilakukan melalui diskusi-diskusi kecil pada saat melakukan bimbingan klasikal maupun diluar kegiatan belajar mengajar. Praktikan juga berencana untuk memberikan layanan responsif berupa konseling individual dan home visit. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Piri 3 Yogyakarta, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan delapan materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, sosial belajar dan karir. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan sosial, pribadi, belajar dan karir. Layanan Informasi dilakukan melalui diskusi-diskusi kecil pada saat melakukan bimbingan klasikal maupun diluar kegiatan belajar mengajar. Layanan responsif berupa konseling individual dilaksanakan sebanyak satu kali dan home visit terhadap peserta didik dilaksanakan satu kali. Namun, ada beberapa perencanaan program kerja BK yang tidak dapat terlaksana seperti bimbingan kelompok, layanan perencanaan individual, dan konseling kelompok yang terkendala oleh waktu. Sedangkan alih tangan kasus dan konferensi kasus tidak terlaksana dikarenakan memang tidak ada kasus yang memerlukan diadakannya program tersebut. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan administrasi sekolah, penelusuran tamatan, konseling individual serta home visit. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya BK. Di SMK Piri 3 Yogyakarta, mahasiswa melakukan bimbingan klasikal sebanyak 8 kali yaitu dikelas X AP, X AK, X MM, XI AP, XI AK, dan XI MM. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut, praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMK Piri 3 Yogyakarta. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK Piri 3 Yogyakarta, Layanan Bimbingan dan Konselin
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49498

Actions (login required)

View Item View Item