LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Rahmadiyono Widodo, Rahmadiyono Widodo (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik pengalaman lapangan atau selanjutnya disingkat dengan PPL merupakan program wajib dari Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengingkatkan kualitas mahasiswa dalam mengajar dan memelajari dunia sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada berbagai tingkat atau jenjang pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas. Salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang menjadi lokasi PPL mahasiswa UNY 2016 adalah SMA Negeri 5 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Nyi Pambayun, Kotagede, Kodya Yogyakarta. Kegiatan PPL diawali dengan observasi sebelum penurjunan mahasiswa PPL. Kegiatan observasi bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik sekolah dan melihat salah satu metode guru dalam mengajar. Selain observasi, mahasiswa juga membantu kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan oleh SMA N 5 Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Pada pekan I dan II, mahasiswa mengampu mata pelajaran biologi kelas X MIA 1 dan XII MIA 5 dan 6. Akan tetapi, mulai pekan ke III sampai pekan ke VIII mahasiswa hanya mengampu kelas X yaitu X MIA 1 dan 3. Mahasiswa mengajar setiap hari Kamis dan Sabtu dengan total jam pelajaran yang diperoleh adalah 42 jam pelajaran. Selain mengajar dikelas, mahasiswa juga mengikuti kegiatan lain yang diadakan oleh sekolah berupa pagi simpati, piket harian, upacara bendera hari Senin, upacara bendera HUT RI, memeriksa kondisi peralatan laboratorium biologi dan membantu penataan buku di perpustakaan. Dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa, mahasiswa membantu dalam kegiatan Belajar Baca Qur’an (BBQ) yang diselenggarakan oleh Rohis Darussalam Puspanegara setiap hari Senin dan Kamis setelah pulang sekolah. Pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMA N 5 Yogyakarta memberikan wawasan nyata bagi mahasiswa tentang bagaimana cara mengajar dan administrasi lain di sekolah. Pelaksanaan PPL secara umum berjalan dengan baik. Meskipun demikian, masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa. Harapan kedepannya evaluasi PPL UNY dilaksanakan secara menyeluruh sehingga dapat mengurangi hambatan atau permasalahan yang ada sehingga pelaksanaan PPL di tahun selanjutnya dapat lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49495

Actions (login required)

View Item View Item