PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VII DAN VIII PROGRAM LEADER CLASS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CILACAP)

Rahmawati Dewi, Ika (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VII DAN VIII PROGRAM LEADER CLASS (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CILACAP). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ika Rahmawati Dewi-12201244035.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 29 March 2022.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Program Leader Class SMP Negeri 1 Cilacap. Deskripsi pelaksanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitan adalah guru dan siswa kelas VII dan VIII Leader Class SMP Negeri 1 Cilacap. Objek penelitian fokus pada pelaksanaan pembelajaran menulis. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class berjalan dengan baik. Tujuan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VII dan VIII Leader Class sesuai dengan RPP dan silabus. Tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP diaplikasikan secara nyata dalam kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class diperoleh dari buku ajar. Materi yang diberikan dalam pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class sudah mencakup tiga aspek jenis materi yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Metode pembelajaran yang sering diterapkan dalam pembelajaran menulis di kelas VII dan VIII Leader Class yaitu metode diskusi, pemodelan, dan ceramah. Media yang digunakan dalam pembelajaran di kelas VII Leader Class yaitu media cetak, visual, dan audio-visual. Media yang digunakan di kelas VIII Leader Class, yaitu media cetak. Evaluasi pembelajaran di kelas VII dan VIII Leader Class menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik nontes yang dilakukan yaitu berupa pengamatan terhadap siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik tes yang dilakukan yaitu ulangan harian. Beberapa siswa yang belum mencapai KKM diberikan remidial dan siswa yang sudah mencapai KKM diberikan pengayaan oleh guru. Kata Kunci: pelaksanaan pembelajaran menulis, program Leader Class

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran menulis, program Leader Class
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49491

Actions (login required)

View Item View Item