Penerapan Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Umar, Widayat (2009) Penerapan Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widayat-umar-06709251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) bukti empiris bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional; 2) memperoleh bukti empiris bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; dan 3) mendeskripsikan sikap siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan mendeskripsikan sikap siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Yogyakarta yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 236 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah sebanyak 78 orang, ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengambilan sampel pertama yaitu kelas IX-A sebagai kelompok eksperimen dan pengambilan sampel berikutnya yaitu kelas IX-D sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir untuk mengukur prestasi belajar siswa dan angket untuk mengukur sikap siswa terhadap matematika. Analisis data dilakukan dengan analisis uji-t dan statistik deskriptif. Hasil analisis ketuntasan belajar menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada kelas CTL sebesar 87%, sedangkan pada kelas konvensional sebesar 79%. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t satu arah terhadap skor rerata kelas tes akhir matematika yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan CTL ( =18,15) dengan rerata skor kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional ( =16,67) pada p=0,020<0,05 dan df = 78 diperoleh t-hitung sebesar 2,382. Kesimpulan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa > . Ini berarti bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap matematika untuk kelas CTL dalam kategori baik sedangkan untuk kelas konvensional dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:14
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49483

Actions (login required)

View Item View Item