Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik dan Model Belajar Kooperatif Tipe STAD pada Siswa MTs

Suhaedi, Syaefudin (2009) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik dan Model Belajar Kooperatif Tipe STAD pada Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syaefudin-suhaedi-07709251004.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh bukti empiris perbandingan keefektifan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa dengan pendekatan matematika realistik dan model belajar kooperatif tipe STAD pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, (2) memperoleh bukti empiris perbandingan keefektifan ketuntasan belajar matematika siswa dengan pendekatan matematika realistik dan model belajar kooperatif tipe STAD pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes postes dengan kelompok non-ekuivalen. Penelitian ini mengunakan dua kelompok eksperimen dan dua kelompok pembanding. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs yang tersebar dalam 5 pondok pesantren di kecamatan Narmada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Dari populasi yang ada diambil satu pondok pesantren secara acak dan selanjutnya ditentukan dua kelas yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan tes, angket dan observasi. Untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa, data dianalisis dengan MANOVA (α = 0,05), sedangkan untuk membandingkan ketuntasan belajar matematika siswa dianalisis dengan uji Chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas VII MTs di kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat yang memiliki motivasi belajar tinggi maupun rendah lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap pelajaran matematika (2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas VII MTs di kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat yang memiliki motivasi belajar tinggi maupun rendah lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dalam meningkatkan ketuntasan belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:24
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49479

Actions (login required)

View Item View Item