Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta

Iffah, Siti (2009) Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-siti-iffah-07709251009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, dengan: 1) membandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar melalui pengajaran langsung; 2) membandingkan ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual dengan ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar melalui pengajaran langsung; dan 3) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the pretest-posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara random hasilnya kelas VIIC dan VIID sebagai sampel penelitian. Selanjutnya dari kedua kelas dipilih satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas VIID yang diajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, dan yang lainnya sebagai kelompok kontrol yaitu kelas VIIC yang ajar melalui pengajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konsep matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang diajar melalui pengajaran langsung; 2) ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar melalui pengajaran langsung; dan 3) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:04
Last Modified: 06 Jun 2017 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49478

Actions (login required)

View Item View Item