LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Huriah Raidah S, Huriah Raidah S (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL_HURIAH RAIDAH_13201241060.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada waktu semester khusus tahun akademik 2016/2017 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berlokasi di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Praktik Pengenalan Lapangan bertujuan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menguasai kemampuan keguruan atau keahlian lainnya sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara profesional. Di sinilah mahasiswa dituntut untuk dapat berinteraksi dengan berbagai pihak untuk menjadikan PBM yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah makna pembentukan calon guru atau tenaga kerja kependidikan yang profesional. Berhubungan dengan hal tersebut maka, praktikan memiliki program PPL untuk menuju ke arah tersebut diantaranya praktik mengajar. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki ke dalam Praktik keguruan. Selama kurang lebih 2 bulan lamanya, sejak tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016, mahasiswa jurusan kependidikan berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kelas yang ampuh yaitu kelas IX A dan kelas IX J dengan jadwal mengajar pada hari Senin jam ke 7-8, Selasa jam ke 1-2, dan Kamis jam ke 3- 4 dan Jumat jam ke 1-2 dan 2-4. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan di dampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah, diskusi, demontrasi, Tanya jawab, penugasan, proyek, karang bergoyang, dan mind maping. Dari hasil pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, dan lembar penilaian. Selain guru di luar kelas diantaranya sebagai guru piket loby dan piket perpustakaan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2017 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49475

Actions (login required)

View Item View Item