Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning by Technopreneur for SMK (CLTSMK) Untuk Pengembangan Survival Skills Siswa di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen

Purnomo, Sigit (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning by Technopreneur for SMK (CLTSMK) Untuk Pengembangan Survival Skills Siswa di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sigit-purnomo-15702251014.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) seberapa besar efektivitas model pembelajaran CLTSMK terhadap survival skills siswa (2) aspek motivasi belajar, (3) aspek kreativitas berfikir, dan (4) aspek manajerial siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada kompetensi sistem kelistrikan di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Ary Donald et.al. Penelitian ini terdiri dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CLTSMK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen tahun 2016/2017. Data penelitian ini diperoleh dari lembar kuisioner motivasi belajar, kreativitas berfikir dan manajerial siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran CLTSMK, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan Uji Manova: Wilk's Lamda. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran CLTSMK efektif terhadap pengembangan survival, skills siswa, dengan hasil uji Uji Manova Wilks' Lambda didapatkan Sig. 0,00 < 0,05 (2) Aspek motivasi belajar pada kelas kontrol SMK Muhammadiyah I Playen (A) nilai rata-ratanya 6,46 dengan kualifikasi "Kurang" sementara kelas eksperimen 14,14 dengan kualifikasi "Baik Sekali". motivasi belajar pada kelas kontrol SMKN 2 Depok (B) nilai rata-ratanya 7,75 dengan kualifikasi "Cukup" sementara kelas eksperimen 13,69 dengan kualifikasi "Baik Sekali". (3) Aspek kreativitas berfikir pada kelas kontrol A nilai rata-ratanya 25,91 dengan kualifikasl "Cukup" sementara kelas eksperimen 53,57 dengan kualifikasi "Baik Sekali". Kreativitas berfikir pada kelas kontrol B nilai rata-ratanya 25,44 dengan kualifikasi "Cukup" sementara kelas eksperimen 54,06 dengan kualifikasi "Baik Sekali". (4) Aspek manajerial siswa pada kelas kontrol A nilai rata-ratanya 18,83 dengan kualifikasi "Cukup" sementara kelas eksperimen 35,23 dengan kuralifikasi "Baik Sekali". Manajerial siswa pada kelas kontrol B nilai rata-ratanya 17,75 dengan kualifikasi "Cukup" sementara kelas eksperimen 34,33 dengan kualifikasi "Baik Sekali".

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49466

Actions (login required)

View Item View Item