LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Kharisa Rachmi Khoirunisa, Kharisa Rachmi Khoirunisa (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13803244003_KHARISA RACHMI_P.AKUNTANSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 salah satunya berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 4 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan 2 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Akuntansi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata, sehingga nantinya diharapkan mahasiswa sebagai calon pendidik mampu menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktik mengajar di kelas X AK 2 pada mata pelajaran Akuntansi Pengantar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan RPP, piket KBM, piket BK, piket kedisiplinan, serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah, mengamati proses pembelajaran siswa di kelas dengan bimbingan guru pembimbing, kemudian mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar di kelas X AK 2, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah yang mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan praktik mengajar dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan pembelajaran selanjutnya. Selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar dan belajar bagaimana cara mengelola kelas yang baik dengan karakteristik siswa yang beragam .

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, X AK 2, RPP, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49456

Actions (login required)

View Item View Item