LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Firstyani Imannisa Rahma, Firstyani Imannisa Rahma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13520244002 FIRSTYANI IMANISA RAHMA PT. INFORMATIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2015. Kelompok PPL untuk SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta terdiri dari 6 mahasiswa masing-masing dari jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Pendidikan Akuntansi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan sehingga nantinya diharapkan mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional setelah lulus dari perkuliahan. Dalam melaksanakan Kegiatan PPL mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi di lingkungan sekolah dan pembelajaran di kelas, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah selanjutnya dalam mempersiapkan Praktik Pengalaman Lapangan. Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan pembelajaran selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di kelas dan memberikan masukkan untuk pembelajaran selanjutnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah terlaksana sebanyak 9 pertemuan yang terdiri dari tiga mata pelajaran, yaitu. Selama praktik PPL, mahasiswa telah membuat 9 RPP dengan rincian 3 RPP mata pelajaran Software Spreadsheet, 3 RPP mata pelajaran KKPI, 3 mata pelajaran desain web HTML.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49454

Actions (login required)

View Item View Item