LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

AISYAH, AISYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13520241028 AISYAH PT. INFORMATIKA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Praktek mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih mendapatkan arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata pelajarannya masing-masing. Sesuai tugas yang diberikan ke praktikan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 untuk mengajar kelas X mata pelajaran desain grafis dan mempersiapkan antara lain : Penyusunan (RPP), Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, menyusun alat evaluasi, penerapan inovasi pembelajaran, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswa malas memperhatikan pelajaran di kelas dan minat belajar masih kurang sehingga ketika pengambilan penilaian masih banyak sekali yang tidak memenuhi KKM, sehingga dari pihak praktikan harus bekerja keras agar kondisi siswa mampu menerima materi yang akan disampaikan, Setelah masa PPL berakhir, diharapkan pihak siswa akan terus berusaha berkarya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan berorganisasi dengan dibimbing oleh guru pembimbing yang bersangkutan. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, supaya kegiatan PPL dimasa mendatang akan lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:21
Last Modified: 05 Jun 2017 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49452

Actions (login required)

View Item View Item