Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Argumentasi

Liliarti, Nina (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Argumentasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina-liliarti-15726251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal berbantuan android pada pelajaran fisika yang layak untuk peserta didik di SMA; dan (2) pengaruh perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal berbantu android yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan representasi diagram dan argumentasi pada pelajaran fisika peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari tahap analisis pendahuluan, desain produk awal, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri dari 30 peserta didik kelas X MIA 1 dan pada kelas kontrol terdiri dari 30 peserta didik kelas X MIA 2 SMA N 3 Yogyakarta. Intrumen pengumpulan data terdiri dari tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 6 buah untuk mengukur kemampuan representasi diagram dan argumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan ahli dan praktisi untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikambangkan memiliki penilaian yang sangat baik dapat diterima oleh peserta didik untuk digunakan pembelajaran fisika pada materi hukum Newton. (2) Perangkat pembelajaran pada materi hukum Newton yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi diagram dan argumentasi peserta didik yang ditunjukkan dari hasil dignifikansi uji multivariat (MANOVA) kurang dai 0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:24
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49446

Actions (login required)

View Item View Item