LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Erfina Nurul Fatonah, Erfina Nurul Fatonah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0 ALL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ISI LAPORAN LENGKAP.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa agar mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah. PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SD Negeri Rejowinangun 1 diharapkan mampu memberikan keuntungan kepada semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain : membuat rencana program pembelajaran, membuat media pembelajaran, membuat denah sekolah dan kalender pendidikan, membuat poster, jalan sehat untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, serta workshop penilaian untuk guru SD Negeri Rejowinangun 1. Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Rejowinangun 1, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas II C, III C, IV B, dan V C. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SD Negeri Rejowinangun 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49443

Actions (login required)

View Item View Item