PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN ANALISIS BENEISH M-SCORE MODEL PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014

Annisa, Nurul (2017) PENDETEKSIAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN ANALISIS BENEISH M-SCORE MODEL PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NURUL ANNISA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perusahaan yang tergolong sebagai manipulators pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) Perusahaan yang tergolong sebagai non-manipulators pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 3) Perusahaan yang tergolong sebagai grey company pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 21 perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Per 31 Desember 2014. Teknik penentuan sampel menggunakan non probability-purposive judgement sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dengan deskriptif kuantitatif menggunakan rasio yang dikemukakan oleh Messod D.Beneish. Terdapat 5 variabel pengukuran yaitu Days’ Sales In Receivables Index (DSRI), Gross Margin Index (GMI), Asset Quality Index (AQI), Sales Growth Index (SGI), dan Total Accrual To Total Assets Index (TATA). Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Tidak terdapat perusahaan yang tergolong sebagai manipulators menurut Beneish M-Score Model; 2) Terdapat 9 perusahaan yang tergolong sebagai non-manipulators menurut Beneish MScore Model; 3)Terdapat 7 perusahaan yang tergolong sebagai grey company menurut Beneish M-Score Model.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Beneish M-Score Model, Pendeteksian Kecurangan, Manipulators dan Non Manipulators.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 05 Jun 2017 00:52
Last Modified: 05 Jun 2017 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49428

Actions (login required)

View Item View Item