Pengembangan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Matematika di SD/MI

Andriani, Parhaini (2009) Pengembangan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Matematika di SD/MI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-parhaini-andriani-07709251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan, menghasilkan produk pengembangan dan mengetahui kualitas produk berupa perangkat pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan pengembangan akhlak mulia pada siswa kelas V SD/ MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define-Design-Develop-Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi. Uji coba lapangan dilaksanakan di 2 sekolah yaitu SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta dan MIN Karang Baru Mataram. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli, lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa buku guru, buku siswa, LKS, RPP dan tes hasil belajar pada konsep pecahan dengan topik Menggunakan Pecahan dalam Pemecahan Masalah. Revisi perangkat didasarkan pada masukan dari validator, hasil uji coba terbatas dan hasil uji coba lapangan. Ditinjau dari aspek kevalidan, semua perangkat yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid, kecuali pada LKS memenuhi kriteria cukup valid berdasarkan validasi ahli. Ditinjau dari aspek keefektifan, pada uji coba I di SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta pembelajaran belum berjalan secara efektif. Sedangkan pada uji coba II di MIN Karang Baru Mataram pembelajaran telah berjalan secara efektif. Ditinjau dari aspek kepraktisan, pada uji coba I dan II, perangkat pembelajaran dapat secara praktis digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan moral
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Jun 2017 07:32
Last Modified: 03 Jun 2017 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49425

Actions (login required)

View Item View Item