Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di SD

Pantaleon, Kristianus Viktor (2009) Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika di SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kristianus-viktor-pantaleon-07709251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, dengan: 1) membandingkan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga konkret dengan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret, baik untuk siswa sekolah kategori tinggi maupun untuk siswa sekolah kategori rendah; 2) membandingkan ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga konkret dengan ketuntasan belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret, baik untuk siswa sekolah kategori tinggi maupun untuk siswa sekolah kategori rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretespostes dengan kelompok non-ekuivalen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Depok-Sleman sebanyak 37 sekolah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Dari populasi yang ada diambil dua sekolah masing-masing terdiri atas dua kelas menjadi sampel. Jumlah sampel seluruhnya 124 orang. Data dikumpulkan menggunakan tes. Tes diujicobakan pada dua kelompok siswa. Untuk membandingkan prestasi belajar matematika siswa, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis kovarian (α =0,05) dilanjutkan dengan uji Tukey-Kramer (α =0,05), sedangkan untuk membandingkan ketuntasan belajar matematika siswa, data dianalisis dengan uji Chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga konkret lebih tinggi daripada prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret, baik untuk siswa sekolah kategori tinggi maupun untuk siswa sekolah kategori rendah; 2) ketuntasan belajar matematika siswa sekolah kategori tinggi yang diajar menggunakan alat peraga konkret lebih tinggi daripada ketuntasan belajar matematika siswa sekolah kategori tinggi yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret; 3) ketuntasan belajar matematika siswa sekolah kategori rendah yang diajar menggunakan alat peraga konkret tidak lebih tinggi daripada ketuntasan belajar matematika siswa sekolah kategori rendah yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret; dan 4) siswa yang diajar menggunakan alat peraga konkret baik dari sekolah kategori tinggi maupun dari sekolah kategori rendah tuntas dalam belajar matematika, sedangkan siswa yang diajar menggunakan alat peraga semi konkret baik dari sekolah kategori tinggi maupun dari sekolah kategori rendah tidak tuntas dalam belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 07:25
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49424

Actions (login required)

View Item View Item