Djuwalman, Djuwalman (2009) Evaluasi Program Paket C Setara SMA di PKBM Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-djuwalman-06704251005.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sekaligus mengevaluasi pelaksanaan Program Paket C Setara SMA di PKBM Kabupaten Bantul, khususnya yang terkait dengan: (1) Context yaitu kebutuhan dan partisipasi masyarakat terhadap Program Paket C; (2) Input, yaitu karkteristik warga belajar, tutor, penyelenggara, sarana dan prasarana, program belajar, dan dana; (3) Process, yaitu aktivitas tutor dan warga belajar dalam pembelajaran; (4) Product, yaitu prestasi akademik dan manfaat yang diperoleh warga belajar setelah mengikuti Program Paket C. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan pendekatan kuantitatif dengan didukung pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sebagai informan adalah warga belajar, penyelenggara, dan tutor. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Perhitungan reliabilitas instrumen pedoman observasi menggunakan reliabilitas antar rater, sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen angket menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan masyarakat terhadap Program Paket C tinggi, sedangkan partisipasi masyarakat terhadap Program Paket C masih rendah; (2) Karakteristik warga belajar dilihat dari latar belakang, pendidikan, dan usia telah memenuhi kriteria dan termasuk kategori baik, sementara motivasi warga belajar termasuk dalam kategori kurang. Karkteristik tutor dilihat dari pengalaman kerja, tingkat pendidikan, kesesuaian bidang studi dengan latar belakang pendidikan, dan pengalaman latihan memenuhi kriteria dan termasuk kategori cukup. Karakteristik penyelenggara program dilihat dari pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan pengalaman latihan yang pernah diikuti memenuhi kriteria dan termasuk dalam kategori baik. (3) aktivitas warga belajar termasuk dalam kategori kurang, sedangkan aktivitas tutor termasuk dalam kategori cukup; (4) prestasi akademik warga belajar termasuk dalam kategori cukup, sementara manfaat program yang setelah warga belajar mengikuti pembelajaran termasuk dalam kategori cukup bermanfaat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan luar sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2017 06:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |