Efektivitas Pola Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar Kabupaten Karanganyar

Nugroho, Antonius Hartono Sakti (2009) Efektivitas Pola Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar Kabupaten Karanganyar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-antonius-hartono-sakti-nugroho-06704251013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan mengetahui efektivitas pola pembelajaran anak usia dini yang dilakukan di Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar. Penelitian ini merupakan studi kasus, menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah komponen–komponen yang terlibat dalam kegiatan proses pembelajaran yang meliputi pendidik, anak didik dan orang tua anak didik. Data diperoleh melalui: pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman yang dilakukan melalui empat kegiatan utama, yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh, dilakukan dengan kredibilitas melalui pemeriksaan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan pembelajaran anak usia dini di Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar diawali saat kehadiran anak di sekolah dengan memberikan sambutan yang penuh keakraban. Kegiatan pembukaan (ice breaking) dilakukan dengan melakukan gerakan senam ringan, berdoa sebelum belajar, mengucap syahadat, hafalan Asma’ul Husna, mengucap Ikrar Al fatah. Kegiatan inti diisi dengan aneka kegiatan bermain yang dipersiapkan guru yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Waktu istirahat diisi dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain. Kegiatan praktek sholat bertujuan untuk menanamkan sikap untuk melakukan ibadah dengan baik. Proses pelayanan pembelajaran anak usia dini diakhiri dengan kegiatan penutup dengan menegaskan kembali kegiatan yang telah dilakukan pada hari itu. Pola pembelajaran yang diterapkan di Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar efektif dalam melayani perkembangan anak, karena sudah sesuai dengan praktek pembelajaran tepat, yaitu : anak difasilitasi untuk melakukan hal beragam sesuai minat dan kebutuhannya dan tenaga pendidik berperan sebagai fasilitator. Dalam proses pembelajarannya anak bergerak dengan aktif, melakukan eksplorasi, memunculkan inisiatif, menemukan problem solving, berkomunikasi aktif. Tenaga pendidik menjalin hubungan yang akrab, hangat dan saling menghargai dengan anak didiknya. Kegiatan belajar untuk merangsang aspek-aspek perkembangan anak dilakukan secara terintegrasi. Bermain adalah strategi utama bagi pembelajaran anak di Kelompok Bermain Al Fatah Karanganyar. Efek dari pola pembelajaran yang di berikan tersebut tampak menunjukkan perubahan yang makin baik pada perilaku dan aspek–aspek perkembangan anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49419

Actions (login required)

View Item View Item