Peningkatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar

Wartoyo, Wartoyo (2009) Peningkatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wartoyo-05705259019.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembela jaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini te rfokus pada peningkatan pembelajaran IPS kelas V dan melibatkan peneliti, guru kelas V sebagai guru pelaksana, dan teman sejawat sebagai kolaborator. Data peningkatan pembelajaran diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dia nalisis untuk membandingkan: (1) hasil aktivitas siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan, (2) hasil penilaian portofolio setiap siklus, dan (3) hasil pengamatan dan wawancara yang didukung oleh tanggapan berbagai pihak. Pembelajaran ilmu pengetahuan so sial dapat ditingkatkan dengan menggunakan penilaian portofolio dengan cara (a) melaksanakan kegiatan diskusi kelompok, (b) melaksanakan tugas individu secara terprogram, dan (c) melakukan kunjungan ke perpustakaan. Cara-cara ini menghasilkan adanya peningkatan pembelajaran yang dapat dilihat pada tanggapan sebelum tindakan sebesar 73,48% menjadi 85,13% setelah tindakan. Kepala sekolah, guru pelaksana, kolaborator, dan siswa menanggapi positif pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan Penilaian Portofolio.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2017 05:46
Last Modified: 29 Jan 2019 12:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49416

Actions (login required)

View Item View Item