Wartoyo, Wartoyo (2009) Peningkatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-wartoyo-05705259019.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembela jaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini te rfokus pada peningkatan pembelajaran IPS kelas V dan melibatkan peneliti, guru kelas V sebagai guru pelaksana, dan teman sejawat sebagai kolaborator. Data peningkatan pembelajaran diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dia nalisis untuk membandingkan: (1) hasil aktivitas siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan, (2) hasil penilaian portofolio setiap siklus, dan (3) hasil pengamatan dan wawancara yang didukung oleh tanggapan berbagai pihak. Pembelajaran ilmu pengetahuan so sial dapat ditingkatkan dengan menggunakan penilaian portofolio dengan cara (a) melaksanakan kegiatan diskusi kelompok, (b) melaksanakan tugas individu secara terprogram, dan (c) melakukan kunjungan ke perpustakaan. Cara-cara ini menghasilkan adanya peningkatan pembelajaran yang dapat dilihat pada tanggapan sebelum tindakan sebesar 73,48% menjadi 85,13% setelah tindakan. Kepala sekolah, guru pelaksana, kolaborator, dan siswa menanggapi positif pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan Penilaian Portofolio.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan IPS |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2017 05:46 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |