Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen

Machfudi, Toha (2008) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-toha-machfudi-05705259020.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan metode Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen serta mendapatkan bukti-bukti bahwa penerapan metode PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran IPS di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen. Sasaran tindakan adalah siswa kelas VIII, dengan kolaborator adalah guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan, dan peneliti sebagai observer. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen melalui metode ceramah, diskusi, tanya jawab, observasi dan inquiry. Hasil tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai penguasaan konsep mata pelajaran IPS oleh siswa pada akhir setiap siklus selalu meningkat dengan nilai pada siklus I sebesar 70,0, siklus II sebesar 77,8 dan siklus III sebesar 82,2. Penerapan Model PAKEM dapat untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS, karena metode yang digunakan bervariasi sehingga terjadi peningkatan aktivitas siswa selama mengikuti pelajaran. Pada siklus I, keaktifan siswa mengikuti pelajaran (43,9%), ketekunan selama mengikuti pelajaran (48,8%), dan kemauan bekerjasama (41,5%). Pada siklus II, keaktifan siswa mengikuti pelajaran (53,6%), ketekunan selama mengikuti pelajaran (56,15%), dan kemauan bekerjasama (51,2%). Pada siklus III, keaktifan siswa mengikuti pelajaran (68,3%), ketekunan selama mengikuti pelajaran (71,7%), dan kemauan bekerjasama (68,3%). Dengan demikian, penerapan Model PAKEM dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPS di MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Jun 2017 05:41
Last Modified: 03 Jun 2017 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49415

Actions (login required)

View Item View Item